Bekerja Dengan Area Kerja Microsoft Office
Microsoft PowerPoint 2017 merupakan suatu program menarik yang di gunakan untuk membuat suatu tampilan presentasi profesional dalam hitungan berapa menit saja. Microsoft telah membat program ini lebih mudah di gunakan dan memiliki fungsi lebih untuk mempermudah kerja keja ujung jari kita.
Kita tidak lagi membutuhkan saran untuk mengedit gambar untuk menghasilkan efek profesional pada presentasi kita. Semua itu hanya membutuhkan beberapa klik pada maouse kita.
Untuk memulai bekerja
menggunakan area kerja office, yang harus anda lakukan buka aplkasi
Microsoft PowerPoint 2017.
Cara-caranya sebagai berikut:
·
Klik pada Start button, pilih dan klik pada
Microsoft Office kemudia baru klik pada Microsoft PowerPoint.
Tip untuk mempercepat memulai suatu
program, anda dapat menggunakan fungsi Search
pada start menu. Pada Start search, ketikan teks PowerPoint
pada tempat tersedia. Ketika anda mengetik, display men akan menyaring seluruh
menu yang menampilkan huruf-huruf yang anda ketikkan. Apabila menu PowerPoint
telah di tandai, anda tekan enter untuk membukanya.
Berikut tampilan dari Microsoft PowerPoint.
·
Microsoft Office Buton
Tombol perintah yang berhubungan dengan
pengaturan PowerPoint dan presentasi
- · Quick Accsess Toolba, Toolbar yang di gunakan untuk mengakses dengan cepat. Anda dapat menambahkan tombol anda sendiri pada Quick Accsess.
- · Help Button, Menampilkan menu Help
- · View Toolbar, Memungkinkan pengguna untuk mengatur tipe-tipe yang berbeda untuk menampilkan hasil profesional. Toollbar ini juga di gunakan untuk memperbesar atau memperkecil tampilan slide.
- · Ribbon, Ribbon terdiri dari beberapa tabs. Masing-masing tab memilki fungsi yang sama pada masing-masing klompok. Fungsi pada Ribbon hanya tampil apabila kita sedang mengerjakan hal-hal yang berkenaan dengan fungsi Ribbon tersebut atau apabila pointer digerakan melintasi tombol pada Ribbon.
Ø
Apabila melakukan klik pada tombol panah pada
masing-masing tombol akan tampil pilihan-pilhan untuk tombol tersebut.
Ø
Apabila melakukan klik pada ujung bawah, akan
tampil kotak dialog. Kotak dialog akan menampilkan fungsi dari kelompo tombol
tersebut.
- · Overview Pane, Terdiri dari dua tab, Slides dan Outline. Tab Slide menampilkan Thumbnails dari presentasi yang sedang aktif. Teb Outline menampilkan keseluruhan teks pada Slide presentasi.
- · Slide Pane, Menampilkan Slide yang sedang di kerjakan.
- · Notes Pane, Merupakan tempat untuk menambahkan catatan untuk masing-masing Slide presentasi.
Memulai Sebuah Presentasi Baru
Keika anda membuka PowerPoint, lembaran presentasi kosong
otomatis terbuka. Presentasi kosong tersebut dapat anda gunakan untuk membuat
presentasi dari awal. Akan tetapi membuat presentasi awan akan membutuhkan
lebih banyak waktu. Anda dapat menghemat waktu dengan menggunakan template yang
sudah di installed atau anda dapat men-download dari Office online.
Caranya sebagai berikut:
1.
Klik pada Microsoft
Office Button, kemudian tekan New. Halaman
“New Presentation” baru akan terbuka. Panel kiri digunakan untuk memilih
Template atau Theme yang telah terinstal.
Pada
panel tengah di gunakan untuk memilih tamplate atau theme yang akan anda
gunakan.
Panel sebelah kanan digunakan untuk
menampilkan tampilan lebih besar dari template yang telah anda pilih dan
penilaiannya. Anda juga dapat menggunakan search
tool untuk mencari tamplate yang
sudah ada.
2.
Klik pada Presentations
pada bagian Tamplates, klik pada
Installed
Templates dan anda dapat memilih templeate demo ini
3.
kemudian klik pada Create button
4.
Pada Quick
Accsess Toolbar, klik pada Save
Buton.
Pilih lokasi dimana anda menyimpan file
anda. PowerPoint akan secara otomatis menggunakan judul presentasi sebagai nama
file.
5.
Sekarang anda telah siap memodifikasi presentasi
anda.
Tip pada Office terdapat beberapa cara
untuk melakukan perintah. Untuk menyimpan presentasi anda dapat menggunakan
kunci. Tekan Shift dan S secara
bersamaan
Memasukan Dan Mengedit Teks
Teks pada slide biasanya terletak pada Place Holder. Place Holder adalah daerah yang terletak pada bagian
dari slide. Sebagai contoh layout “Title
dan Content.” PlaceHolder tidak
hanya di gunakan untuk gambar, tabel, diagram, video dan beberapa obyek
lainnya.
Berikut adalah cara-cara menambah atau mengedit taks pada Placeholder.
1. Pada
Slide Panel, klik title placeholder, atau teks “ITRODUCING
POWERPOINT 2007”
Letakkan kotak seleksi pada placeholder dan
akan tampil kotak kuning berkelip-kelip. Kotak ini akan tampil apabila anda
melakukan klik pada kata-kata. Apabila anda melakukan klik di tengah-tengah
kata. Tekan papan kunci Home untuk
memindahkan pointer pada awal kalimat. Atau gunakan papan kunci arah panah
untuk mengendalikan sekitar teks tersebut
2.
Ketik “ITRODUCING POWERPOINT 2007”.
Untuk menghapus teks yang telah ada, anda
dapat menggunakan backspace atau delete. Anda harus memastikan bahwa
kata-kata Bisess terdapat bawah
merah. Apabila kata-kata tersebut terdapat garis bawah merah, berarti kata-kata
tersebut tidak terdapat pada kamus atau terjadi kesalahan pengejaan.
3.
Klik kanan pada mouse pada kata-kata Introducing. Kemudian pilih Introducing.
Powerpoint akan mencoba mengira-ngira
kata-kata apa yang hendak anda tulis dan menyediakan anda beberapa alternatif
yang dapat anda pilih. Anda juga dapat mengubah teks melalui slide Outline pada panel kiri.
4.
Klik Outline
kemudia klik pada awal <Company Name>. Ketik “Jerry Corporation” dan hapuslah hal-hal lainnya
Hati-hati ketika anda mengetik pada
outline, slide otomatis akan di perbaharui pada panel slide. Apabila anda menekan
Enter setelah selesai mengetik, baris
baru akan muncul di bawahnya. Apabila anda ingin menghapus barisan ini, anda
dapat menggunakan papan kunci backspace.
Melakukan Copy, Cut dan Paste teks
Pada Microsoft Office Suite mengijinkan penggunanya untuk
melakukan Copy, Cut dan Paste teks dari berbagai jenis Microsoft
Office. Fitur ini mengurangi kebutuhan untuk menulis ulang taks. Cara-cara
melakukan Copy, Cut dan Paste pada berbagai aplikasi sama dengan
Microsoft Office.
Berikut contoh untuk melakukan Copy, Cut dan Paste.
1.
Seleksi kata Itroducing pada bagian atas slide. Kemudia klik tombol Copy di tab
Home pada Ribbon.
Terdapat dua cara untuk melakukan seleksi
kata. Cara pertama adalah dengan menempatkan krusor pada awal dan akhir sebuah
kata. Kemudian kemudian anda tekan dan tahan kunci Shift, arahkan tombol pada keyboard untuk memilih seluruh kata-kata
yang hendak anda seleksi. Cara kedua adalah dengan menggunakan mouse, klik dan
tahan, kemudian klik kanan pada mouse dan drag mouse pada seluruh kata yang
ingin anda seleksi.
2.
Tempatkan krusor pada kata “A tour of new feature”. Kemudian klik tombol Paste. Hapus kata A toure of new features.
Tip. Anda
dapat paste teks yang telah di copy dengan menggunakan Ctrl-V atau klik kanan pada mouse dan pilih paste.
Apabila anda melakukan Cut
pada teks terpilih, teks akan terhapus dari lokasi awal dan ditempatkan pada
tempat anda melakukan paste. Dimanapun anda menggandakan teks terpilih, teks
aslinya tidak akan berubah.
Apabila anda membuat kesalahan selama proses copy, cut dan paste, anda dapat
kembali pada perintah sebelumnya dengan melakukan klik tombol Undo pada Quick Accasse Toolbar atau Ctrl-Z. Anda juga dapat
mengembalikan beberapa perintah
sebelumnya. Apabila anda akan mengembalikan lagi perintah Undo, anda dapat melakukan klik pada tombol Redo pada Quick Accasse Tool. Dalam Clipboard dapat menyimpan 24
item terakhir yang digunakan.
1.
Untuk membuka panel Clipboard, klik pada Dialog Launcher.
2.
Untuk melakukan paste dari Clipboard, letakkan krusor
pada
3.
Untuk menutup panel Clipboard, klik pada ujung
kanan atas panel Clipboard
Bekerja dengan Find dan Replace
Terkadang anda bekerja dengan presentasi panjang dan
kompleks. Sehingga membutuhkan waktu lama apabila anda ingin mencari suatu kata
yang di butuhkan. Berikut adalah cara untuk melakukan Find dan Replace:
1.
Pada tombol Home,
pada kelompok Editing, klik tombol Replace.
2.
Kotak dialog akan terbuka.
3.
Pada Find
What isi dengan apa saja yang anda inginkan.
4.
Pada kotak Replace
With isi dengan ITRODUCING.
5.
Pilih Match
Case apabila anda ingin menggubah taks tersebut dengan penulis huruf besar
dan kecil sesuai dengan yang tertulis pada kotak Find What dan Replace With.
6.
Klik Find
Next
Maka PowerPoint akan mencari dan menggubah
kata Financial pada kata-kata
berikut.
Mengubah tampilan dan mengatur slide
Ketika anda membuat suatu presentasi baru, anda dapat
menentukan beberapa layout yang dapat anda gunakan, atau anda hanya menggunakan
slide kosong dan membuat custom layout nantinya.
Berikut cara untuk mengubah tampilan dan mengatur slide
1.
pada tab Home,
klik tombol Layout.
2.
Klik pada tab Home, pilih Layout,
pilih Two Content
3.
Pindahkan taks dengan cara seleksi pada teks
tersebut , Cut dan Paste pada placeholder baru pada bagian
sebelah kanan.
4.
Ubah ukuran huruf menjadi 16
5.
Apabila slide ternyata belum sesuai dengan
ukuran yang dikhendaki, anda dapat mengatur ulang urutan dari slide-slide
tersebut yaitu dengan cara pada tab View,
pilih Slide Sorter
6.
Perbesar tampilan slide menjadi 100% dengan cara pada tab View, pilih tombol Zoom, kemudia pada kotak Percent
isi menjadi 100.
7.
Pindahkan Slide yang anda inginkan.
8.
Pada PowerPoint, anda juga dapat mengubah desain
template yang ingin anda gunakan yaitu warna, jenis huruf, format, garis dan
berbagai elemen lainnya, caranya adalah pada tab Design, kelompok Themes, klik
tombol More.
Galeri Themes
akan terbuka dan menampilkan seluruh themes yang tersedia
9.
Klik kanan dan pilih Apply to All Slides untuk menerapkan desain template baru pada
seluruh slide.
10.
Setiap presentasi yang dibuat pada PowerPoint
2007, akan selesai memiliki set warna
11.
Meskipun anda menggunakan desain template yang
sama dengan yang telah di sediakan PowerPoint, tapi anda masih dapat mengatur perpaduan
warna yang digunakan, caranya pada tab Desain,
kelompok Themes, klik pada
tombol Colors. Galeri warna akan
terbuka
12.
Pada galeri tersebut, pilih Color Schemes dan
lihat langsung penerapan warna yang digunakan.
13.
Pilih Solstice,
maka warna seluruh slide akan berubah menjadi coklat kemerahan.
jika ada yang kurang di pahami silahkan koment di bawah.
Terima kasih salam kompak buat sobat semua.
Comments
Post a Comment